LOGO-GEA-2.jpg

TEntang KAMi

Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “GEA” Institut Teknologi Bandung–disingkat HMTG “GEA” ITB–merupakan organisasi kemahasiswaan di kampus ITB yang berbasis keilmuan geologi. Didirikan pada tanggal 6 Mei 1955 oleh Prof. Sampoerno, himpunan ini dulu bernama Perhimpunan Mahasiswa Geologi Bandung (PMGB) dan merupakan pecahan dari Persatuan Mahasiswa Geologi dan Pertambangan (PMGP).

1. Ikut mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran di ITB, yaitu membentuk sarjana geologi yang bersusila, cakap, demokratis serta bertanggung jawab akan kesejahteraan masyarakat.

2. Ikut menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di ITB, yaitu dengan memberikan bimbingan dan dorongan kepada mahasiswa untuk menjadi unsur penggerak dan pengabdi di segala bidang kehidupan bangsa.

3. Ikut mengusahakan pembaharuan serta perbaikan dunia perguruan tinggi khususnya di ITB dan perguruan tinggi di Indonesia pada umumnya.

4. Memelihara dan mempererat rasa kekeluargaan, mengusahakan kesejahteraan materil dan spirituil serta memperjuangkan kepentingan mahasiswa di dalam lingkungan ITB khususnya dan mahasiswa Indonesia pada umumnya.

5. Ikut membimbing dan menyalurkan cipta karya, tenaga dan pikiran mahasiswa dalam rangka pengabdian dan pembangunan negara Republik Indonesia.

Lambang

Lambang HMTG “GEA” ITB adalah Ganesha, palu geologi, ditengah-tengah bumi.

Ganesha yang melambangkan HMT-ITB merupakan bagian dari Institut Teknologi Bandung.

Palu geologi di tengah Bumi yang melambangkan keprofesian sebagai geologist.