Sejarah Jaket Kuning “GEA” ITB

Ass.W.W.


Salam GEA.


Sehubungan dengan Temu Akbar Alumni Teknik Geologi ITB 2011 ini, saya (Didiet Soemardi) diminta oleh panitia untuk membuat narasi tentang mula jadi Jaket Kuning GEA, Jaket Kebesaran Mahasiswa Teknik Geologi ITB (kapan bisa jadi Jaket Alumni?).

Pada tahun 1976 (lupa bulannya), setelah pengangkatan saya menjadi “Ketua Himpunan GEA”, segera saya kumpulkan seluruh mahasiswa Teknik Geologi dari angkatan ‘71 – ’75, minta mereka untuk setiap angkatan harus berpartisipasi aktif sebagai pengurus di Himpunan GEA. Pengurus yang saya ingat (yang saya lupa, mohon maaf), mas Kirno dan mas Tedy Kardin Wanadri, dll (GL 71) ; mas Sigit dan mas Imam subekti yang jagoan beladiri, dll (GL 72) ; mas Jonny indroyono Susilo Sudarman yang punya KODAM, mas supriyadi dan mas eddy Ariyono yang ilmu kebumian, mas Ridho Eisy yang jago nulis di koran, mas Iping jago ngerangkul masa dll (GL73); Sdr, Medang Kawerdar, Heru Wahyudi, aussie BG, Damai Putra, Kristian Pontoh, Eddy Padang, Emil Patiasina, Hilmi Panigoro dan Imbang si Jago Keroncong, dan banyak lagi (GL 74) ; Agung Widodo, Ongky, Rosidi adik gubernur Jabar, dll (GL75).

Tujuan saya adalah (1) Sesama anggota/alumni GEA harus rukun dan senasib sepenanggungan (sampai Tua?), (2) memiliki tempat berhimpun yang bisa dibanggakan, (3) nama GEA harus dapat berkibar ke seantero ITB, bahkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu dianggap perlu, GEA memiliki UNIFORM KHUSUS, antara lain “Jaket Kuning”.

Memang berkat ber“jaket Kuning”, GEA bisa menjadi Jagoan bertanding olah raga intern ITB (walau banyak menang WO, musuhnya takut), GEA bisa protes ke DPR RI mengenai pengiriman fosil pithecantroupus ke Jepang, GEA bisa meng Kudeta Dewan Mahasiswa ITB, GEA bisa membubarkan MPM ITB, dan yang terpenting lagi GEA bisa menjembatani antara Jurusan dan mahasiswa geologi Angkatan Tua yang nyaris dropt out.

Desainer Jaket Kuning adalah rame-rame, terutama : Sdr. Damai Putra, Aljonet Almarhum, Aussie, dan Sugeng). Mulai dipakai sejak Nopember 1996 oleh sesama pengurus GEA. Diresmikan sebagai jaket Wajib Anggota GEA adalah di Tahun 1977, Saya sematkan pertama kali di Tangkuban Perahu untuk anggota baru GEA Angkatan 77 (diwakili oleh sdr Reiner A Rachman,GL 76).

Semoga Jaket kuning GEA ITB bisa abadi sampai sepanjang masa dan tetap menjadi symbol pemersatu sekaligus kebanggaan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi GEA ITB.

Salam GEA !

Penulis : Didiet Soemardi (Ketua Himpunan “GEA” ITB Periode 1976-1977)

Editor : Bidang Medkominfo HMTG “GEA” ITB 2021