Pada 5-10 November, HMTG “GEA” ITB berhasil mengadakan lomba geologi internasional yang bertemakan Renewable Energy Breakthrough bernama Geology Student Competition. Tema tersebut berangkat dari latar belakang energi terbarukan yang diperlukan seiring dengan berkurangnya suplai energi dan semakin bertambahnya kebutuhan manusia. Energi terbarukan memiliki sifat rendah emisi dan sustainable. Geologi memiliki peran penting dalam eksplorasi dan eksploitasi energi terbarukan. Pemahaman geologi yang baik dapat memunculkan inovasi-inovasi untuk eksplorasi dan eksploitasi energi terbarukan. Penerapan ilmu yang diperoleh selama menjadi mahasiswa merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan sinergi ilmu dan teknologi tersebut.

Rangkaian GSC sendiri terdiri dari pre event Fieldtrip ke Geo Dipa Patuha Geothermal. Kemudian cabang yang di perlombakan yaitu Case Study Competition dan Smart Competition. Case Study Competition merupakan lomba yang menguji kemampuan eksplorasi khususnya geothermal para peserta baik pengambilan data ke lapangan hingga menganalisa dari data yang diberikan. Sedangkan lomba Smart Competition menguji kemampuan peserta menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat. Akhir dari acara kita tutup dengan International Seminar dengan tema Integrated Geothermal Exploration and Exploitation to Fulfill Indonesia’s Energy Demand.

Peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan ini berasal dari universitas yang ada di Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Mahasiswa yang mengikuti berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sumatera, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjajaran, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Sriwijaya, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Universitas Pertamina, Universitas Diponegoro, Institut Sains & Teknologi Akprind, Khon Kaen University, dan Universiti Malaysia Kelantan.

Sebetulnya sejak tahun 2008, HMTG “GEA” ITB telah menyelenggarakan kegiatan untuk mengasah mahasiswa kebumian dalam berkembang dan berprestasi di bidang keilmuan geologi di Indonesia. Kegiatan tersebut dituangkan dalam suatu acara perlombaan yang dikhususkan di bidang geologi bernama Geology Student Competition. Sebagai mana sebelumnya, acara tahun ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa geoscience untuk berperan dan berkontribusi dalam pengembangan energi terbarukan, juga untuk mengenalkan pengetahuan geologi tentang energi terbarukan kepada masyarakat.IMG_9478

Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi "GEA" ITB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *