GEA di Bulan Juni

Categories GEA Explorer, Kegiatan

Pada tanggal 3 Juni 2015, Bidang Keprofesian mengadakan GEA Melapang. Kegiatan ini dilakukan di Citatah, Padalarang. Sasaran dari kegiatan ini adalah mengetahui tatanan geologi yg meliputi stratigrafi, struktur, geomorfologi, dan sejarah geologi dari daerah Citatah dan sekitarnya. Massa GEA yang ikut serta dalam kegiatan ini berjumlah 13 orang serta didampingi oleh Faisal (GL’11) sebagai pemateri.

GEA Melapang di Citatah, Padalarang

Diskusi dan Kajian Bersama GEA Jaka (GL’13) dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2015. Diskusi ini mengusung tema “Kontrak Mahakam dan Ketahanan Energi Indonesia Kedepannya”. Isu yang dibicarakan dalam diskusi ini adalah mengenai Blok Mahakam, yaitu blok migas Indonesia yang berlokasi di Kalimantan Timur yang kontraknya dengan Total dan Inpex akan habis pada tahun 2017. Pertamina yang mendapatkan wewenang dari pemerintah untuk menjadi operator utama (PI 100%) pada tahun 2008 telah menyatakan sanggup mengelola Blok Mahakam. Pertamina diharapkan dapat mengetahui karakteristik reservoir Blok Mahakam agar jumlah produksi dalam masa transisi dapat terjaga hingga 2018 dan seterusnya. Selain itu, BUMD juga diharapkan dapat terlibat dalam pengelolaan Blok Mahakam. Diharapkan Blok Mahakam dapat menjadi pembelajaran dalam pengelolaan blok-blok migas lain yang juga akan segera berakhir kontraknya, karena diketahui dalam 10 tahun ke depan akan ada 32 blok migas yang kontraknya akan berakhir. Sudah saatnya Indonesia kembali berjaya dalam industri migas dan mencapai ketahanan energi!

GEA Explorer hadir lagi di bulan Juni ini! Tepatnya tanggal 8 Juni 2015, GEA Explorer melakukan perjalanan bertajuk “GEA Explorer: Situ Bandung, Brur?”. Kali ini perjalanan G-Ex tidak naik gunung seperti biasanya. Tujuan G-Ex kali ini adalah jalan-jalan simple namun tetap bisa melepas penat dengan melihat indahnya alam. Dalam perjalanan singkat ini, 12 orang GEA melakukan konvoi motor untuk berkunjung ke Situ Cileunca, yaitu sebuah danau buatan yang terletak di Pangalengan, Bandung Selatan. Perjalanan berlangsung dengan lancar, aman, dan seru tentunya!

GEA Explorer: Situ Bandung, Brur?

Pada tanggal 16 Juni 2015, tiga orang massa GEA, yaitu Rafi (GL’13) sebagai koordinator institut, Fachreza (GL’13), dan Clearesta (GL’13) mewakili HMTG “GEA” ITB menghadiri RAKERNAS PERHIMAGI 2015 dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Trisakti sebagai tuan rumahnya. Isi dari rakernas kali ini adalah pemaparan program kerja tiap regional oleh para koordinator regional, pembahasan PIT PERHIMAGI yang rencananya akan dilaksanakan di regional Jawa bagian timur (Yogyakarta), pembacaan surat rekomendasi dari IAGI dan DIKTI, pembahasan masalah internal dan eksternal PERHIMAGI, dan LPJ program kerja Pameran Geologi dari Badan Geologi.

Para peserta RAKERNAS PERHIMAGI 2015

Selamat datang para junior geologists, GEA 2012! Setelah melalui 34 hari melapang di Kampus LIPI Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah dalam rangka Kuliah Geologi Lapangan yang berlangsung dari tanggal 14 Mei 2015 , 87 orang GEA angkatan 2012 akhirnya kembali ke Bandung pada tanggal 17 Juni 2015. Semoga ilmu dan pengalaman yang mereka dapatkan di Karangsambung dapat terus melekat dan berguna dalam perjalanan mereka menjadi geologis sesungguhnya.

GEA 2012 di Karangsambung, Jawa Tengah

Tanggal 18 Juni 2015 merupakan hari pertama dari Bulan Suci Ramadhan 1436 H yang dirayakan oleh umat Islam dengan berpuasa selama sebulan penuh. HMTG “GEA” ITB mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada umat yang menjalankan.

image3Rangkaian acara GEA 6 Dekade belum berakhir! Pada tanggal 19 Juni 2015 dilaksanakan mata acara keempat dari GEA 6 Dekade, yaitu GEA Berbagi sebagai unjuk rasa syukur atas 60 tahun berdirinya HMTG “GEA” ITB. Dalam acara GEA Berbagi ini, massa GEA berbuka puasa dengan anak-anak dan anak yatim di daerah sekitar bawah Jembatan Pasupati. Acara diawali dengan menjemput anak-anak ke lokasi yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua GEA 6 Dekade, Selvia Novianti (GL’13). Sambil menunggu adzan Maghrib, massa GEA berkenalan, mengobrol, dan bermain dengan anak-anak. Acara diakhiri dengan salat Maghrib dan berbuka puasa bersama.

GEA 6 Dekade: GEA Berbagi
Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi "GEA" ITB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *