GEA Goes Out to WANADRI

Categories Artikel, Kegiatan

5

GEA Goes Out is coming back! Tidak capek-capeknya GEA melakukan kunjungan ke lembaga lain. kali ini GEA berkunjung ke organisasi yang sama sekali tidak berhubungan dengan sama geologi, yaitu WANADRI. Tapi walaupun bukan organisasi kegeologian mereka memiliki kemampuan lapangan yang sangat baik, karena WANADRI merupakan perhimpunan penempuh rimba dan pendaki gunung.
Seperti biasa Departemen Hubungan Luar Kampus BPH HMTG “GEA” ITB tidak lelah untuk menceritakan kembali apa yang telah didapat saat kunjungan tersebut. Kunjungan itu dilaksanakan pada hari Senin, 15 Desember 2014. Ini merupakan kunjungan pertama GEA ke lembaga non-kegeologian. Kenapa GEA memilih untuk berkunjung ke WANADRI? Intinya walaupun bukan lembaga kegeologian, WANADRI memiliki kemampuan lapangan yang juga sangat diperlukan olseorang geologist. dengan kata lain memalui kunjungan ini, GEA mendapatkan banyak pengalaman baru mengenai ilmu lapangan.
Dengan sekretariat pusat WANADRI yang berada di Jalan Aceh No. 155 Bandung, GEA berangkat dari Jalan Ganeca No. 10 kurang lebih pukul 16.00 dan sampai di sana pukul 16.20. Anggota GEA yang mengikuti kunjungan ini mencapai 24 orang yang kemudian disambut di Ruang Rapat oleh beberapa anggota WANADRI dari berbagai angkatan.
Sesampainya di Ruang Rapat, GEA disambut langsung oleh Ketua Dewan Pengurus WANADRI yang bernama Ardya Rifiantara WANADRI Angkatan Tapak Rawa PDW 2010. Pertama-tama dipertontonkan video pengenalan WANADRI yang menampakan WANADRI itu seperti apa, yang kemudian setelah menonton video yang kurang lebih berdurasi 6 menit itu membuat kagum akan peran WANADRI untuk Indonesia.
Setelah itu Kang Ardy menjelaskan sejarah WANADRI secara singkat. Kurang lebih seperti ini, Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung WANADRI didirikan pada tanggal 17 Januari 1964 oleh 6 orang pemuda “PANDU”, yang kemudian dikenal dengan sebagai Angkatan Pendiri. Dengan berbekal visi akan pemuda-pemudi Indonesia yang tangguh, tabah, serta percaya pada kekuatan diri sendiri, WANADRI kemudian diresmikan pada tanggal 16 Mei 1964. Bersamaan dengan peresmian tersebut dikukuhkan juga angkatan kedua dalam organisasi WANADRI, yakni Angkatan Pelopor yang terdiri dari 25 anggota. Nama WANADRI berasal dari bahasa Sanskerta, wana yang berarti hutan dan adri yang berarti gunung. WANADRI secara harafiah berarti gunung di tengah-tengah hutan.
Sehabis sesi pengenalan, dipertontonkan lagi video PDW (Pendidikan Dasar WANADRI) yang berdurasi cukup lama kurang lebih 40 menit. Di sana diperlihatkan perjuangan-perjuangan siswa WANADRI dalam melakukan pendidikan untuk membekali diri saat menjadi anggota WANADRI. Mulai dari longmarch yang sangat jauh, praktik tebing terjal dan arus deras, tahap penyusuran pantai dan rawa, survival, dan lain sebagainya. Terlihat pula Kak Nyoman Anjani (Presiden KM-ITB Periode 2012-2013) di video tersebut yang sedang berjuang dalam mengikuti Pendidikan Dasar WANADRI. Setelah sesi ini berakhir diadakan sesi sharing-sharing antara HMTG “GEA” ITB dengan WANADRI. Dan acara pun ditutup dengan sesi penyerahan kenang-kenangan dari HMTG “GEA” ITB ke WANADRI dan diakhiri dengan foto bersama.

 

Oleh

Pandu Prawira

Kepala Departemen Hubungan Luar kampus

HMTG “GEA” ITB

Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi "GEA" ITB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *