GCC’s History, GCC’s Story

Categories Kegiatan

Dari lele sepatu lapangan dan air comberan, sampai steak ayam sayur yang selalu berhasil mendatangkan senyuman pada anggota di himpunan. Berikut ini adalah sedikit cerita tentang salah satu klub minat dan bakat di himpunan tercinta kita, HMTG “GEA” ITB.

SAM_2309GCC merupakan singkatan dari GEA Cooking Club, salah satu klub di HMTG “GEA” ITB yang memfasilitasi anggota dalam kegiatan memasak. Kegiatan yang dilakukan oleh klub ini adalah memasak dan makan bersama. Klub ini biasanya menggunakan daerah di depan sekretariat himpunan dan saung sebagai lokasi berlangsungnya kegiatan.

Untuk sejarah terbentuknya sendiri, klub ini merupakan salah satu kreatifitas dadakan dari anggota GEA yang tengah bosan dengan aktifitas rutin yang sering dilakukan. Biasanya kegiatan memasak dilakukan pada malam hari, ketika anggota sedang berkumpul di secretariat himpunan. Tak seorangpun yang mengetahui secara pasti sekarang, kapan pertama kegiatan GCC dilaksanakan. hal tersebut terjadi karena GCC yang dilakukan pada tahun-tahun lalu bersifat spontan dan tak terencana. Berbeda pada kepengurusan BPH 2011/2012 yang menjadikan GCC sebagai salah satu program kerja di bawah Divisi Kekeluargaan.

Mengenai masakan yang disajikan dalam kegiatan klub ini tergantung pada kreatifitas dari anggota yang melaksanakan. Proses memasakpun beragam, dari sekedar dibakar dengan api, dikukus, maupun ditumis. Dalam pelaksanaannya, dana dari kegiatan ini berasal dari iuran anggota-anggota. Akhir-akhir ini, GCC lebih identik dengan acara peringatan atau syukuran atas keberhasilan anggota-anggotanya maupun dalam perayaan ulang tahun anggota GEA.

Yang paling membedakan GCC sekarang dengan GCC yang dulu adalah proses memasak, jenis masakan, dan asal donator. GCC dulu lebih bersifat fleksibel dan spontan. Dana yang digunakan biasanya berasal dari iuran kecil-kecil dari anggota yang sedang berada di himpunan maupun pemberian alumni. Sedangkan untuk masakan sendiri, lebih mencengangkan. Hal tersebut terjadi karena hampir semua, bahkan mungkin semua, anggota yang menjalankan kegiatan masak-memasak adalah laki-laki. Sehingga proses memasak yang dilakukan lebih sembarangan. Contohnya, pernah seorang dari angkatan atas bercerita tentang GCC yang pernah dialaminya menggunakan sepatu lapangan untuk membunuh ikan lele yang akan dimasak. Selain itu, akibat tidak menemukan air bersih untuk memasak, maka air comberan di sebelah mushalla Kimia digunakan. Namun terlepas seperti apa proses dan hasil masakan yang dihasilkan, kegiatan klub ini telah memberikan ruang lain bagi anggota untuk berinteraksi dan berkegiatan bersama.

Sedangkan GCC yang sekarang, lebih terkoordinasi dikarenakan dimasukkannya GCC sebagai salah satu klub yang menjadi program kerja BPH. Dengan dijadikannya GCC sebagai program kerja, peralatan memasak juga mendapatkan perhatian lebih, khususnya karena adanya anggaran pengadaan peralatan memasak untuk kegiatan GCC. Sementara untuk asal dana, biasanya merupakan iuran eventual bagi anggota yang berulang tahun, selesai mengerjakan proyek, dari lapangan, maupun iuran anggota seperti biasa.

Dalam sejarah HMTG “GEA” ITB, dikenal empat orang ketua dari GEA Cooking Club ini. Mereka adalah Arin ’08, Wiwid ’09, Vani ’10, dan Lucy ’11. Dalam periodisasi kepengurusan HMTG “GEA” ITB, saat ini merupakan kurun waktu transisi. Sehingga, untuk ketua GCC periode 2013/2014 belum disahkan. Hal tersebut berkaitan dengan Musyawarah Kerja yang akan segera dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Dan untuk siapa Ketua GCC periode selanjutnya, masih dirahasiakan.

“Bukan mengenai seberapa lezat masakan yang dibuat, bukan juga mengenai seberapa hebat kemampuan memasak seseorang. Tapi mengenai senyuman-senyuman mereka yang akan selalu setia memakan habis apapun yang tersaji di meja GCC. GCC bukan hanya sekedar klub minat dan bakat biasa, tetapi tentang melihat daun-daun pisang kosong, tanpa sisa makanan beserta wajah-wajah yang akan selalu menampilkan senyuman.” – Lucy Kartikasari

SAM_1557

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *