Tips Mempertahankan dan Menambah Semangat Kuliah Pasca Liburan

Categories Artikel

Setelah melalui libur semester ganjil selama kurang lebih tiga pekan, terhitung tanggal 20 Januari 2014 lalu perkuliahan semester genap tahun ajaran 2013/2014 resmi dimulai. Sindrom yang umumnya dialami mahasiswa setelah melalui libur semester adalah enggan kembali memulai perkuliahan mungkin karena masih rindu dengan kampung halaman atau waktu libur yang dirasa kurang panjang dan belum cukup untuk bersantai. Namun adapula mahasiswa yang sangat bersemangat mengawali perkuliahan, hal ini mungkin terjadi apabila nilai yang diperoleh pada semester lalu kurang memuaskan sehingga semangat membara di awal semester muncul dengan niatan meningkatkan nilai di semester depan.

Sayangnya sindrom sangat bersemangat di awal semester terkadang luntur seiring dengan berjalannya waktu perkuliahan. Sindrom enggan memulai perkuliahan pun bertambah parah, sehingga ketika waktunya ujian, mahasiswa kembali kelimpungan dan menerapkan sistem belajar yang kurang baik, yaitu begadang semalaman suntuk yang tentunya tidak sehat bagi tubuh.

Berikut kami berikan tips untuk mempertahankan maupun menambah semangat perkuliahan pasca liburan, yang diharapkan dapat bertahan hingga akhir semester.

  1. Cari motivasi

Motivasi adalah hal utama yang mampu meningkatkan dan menambah semangat kuliah, misalnya motivasi untuk meningkatkan prestasi. Dengan adanya motivasi tersebut ketika rasa malas menyerang, kita dapat kembali mengingat motivasi awal dan diharapkan semangat yang hilang dapat kembali.

  1. Buat target

Dengan adanya target kita akan terus terpacu untuk mencapai target-target yang telah kita ciptakan, tentunya hal tersebut akan menambah semangat perkuliahan.

  1. Ciptakan lingkungan kondusif

Lingkungan yang kondusif menjadikan semangat perkuliahan akan terus terjaga. Terciptanya lingkungan yang kondusif dapat diusahakan misalnya dengan membuat kelompok belajar atau mencari tempat duduk strategis di kelas.

  1. Susun jadwal

Jadwal yang baik akan memberikan kita waktu yang cukup untuk melakukan segala hal, baik itu belajar, berorganisasi, bermain, berdoa, maupun beristirahat. Jadwal yang baik dapat diciptakan dengan cara menentukan skala prioritas.

  1. Beristirahatlah

Meskipun kita tengah berambisi untuk mencapai target yang telah kita ciptakan, berikanlah porsi waktu yang cukup untuk tubuh kita beristirahat. Tidur dan makan yang cukup akan memberikan kita energi untuk lebih produktif setiap harinya dan tentunya menjaga tubuh agar tetap sehat. Jangan lupakan pula kegiatan bersosialisasi agar kegiatan kita tidak monoton dan membosankan.

Sekian tips yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah serta menjaga semangat perkuliahan ini!

1 thought on “Tips Mempertahankan dan Menambah Semangat Kuliah Pasca Liburan

  1. bagus banget nih artikel..tapi jangan sampe mengganggu kegiatan berhimpun juga ya..
    pinter2 atur waktu..dimana waktu untuk belajar dan berhimpun.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *