Field Trip GEA ke RIG N110/M2 PT Pertamina EP Region Jawa

Categories Kegiatan, Keprofesian, Lapangan

PERTAMINA

Kamis, 14/11/2013 lalu HMTG ‘GEA’ ITB menyelenggarakan field trip ke lapangan minyak yang dikelola oleh PT Pertamina EP Region Jawa. Kegiatan dengan topik “Peran Geologist Dalam Proses Pengeboran Hidrokarbon” dilakukan selama satu hari.

Perjalanan dimulai pukul 04.30 WIB dari gerbang kampus ITB di Jl. Ganesha. Pukul 09.00 WIB, rombongan tiba di kantor PT. Pertamina EP Region Jawa di Cirebon. Rombongan disambut oleh pihak CSR Pertamina dan diberi sedikit pengetahuan dasar tentang peran seorang geologiawan dalam proses pengeboran. Pak Prihadi Sumintadiredja selaku dosen pendamping dalam kegiatan ini mengucapkan terimakasih atas kesediaan PT Pertamina EP Region Jawa yang telah memberikan kesempatan HMTG ‘GEA’ ITB untuk belajar disini.

Setelah penyambutan di office, rombongan dibawa menuju ke salah satu lapangan minyak milik PT Pertamina EP Region Jawa yaitu RIG N110/M2 di Indramayu. Perjalanan dari office menuju rig memakan waktu hampir 2 jam.

Di RIG N110/M2, rombongan HMTG ‘GEA’ diperkenalkan dengan aktifitas-aktifitas yang sedang berlangsung selama pengeboran, misalnya deskripsi cutting, mengamati hydrocarbon show pada sampel, memantau parameter pemboran, serta sedikit tentang pengetahuan operational seperti sistem sirkulasi, sistem power dll yang umum dilakukan oleh teman-teman dari Teknik Perminyakan. Tak hanya itu, pihak Pertamina juga memberikan tips cara membuat laporan harian yang tiap hari dibuat oleh seorang wellsite geologist.

Setelah puas berkeliling di RIG N110/M2 ini sambil belajar tentang aktivitas pemboran, rombongan mengakhiri kegiatan pukul 16.00 WIB. Cukup banyak hal yang dipelajari dalam kegiatan kali ini. Oleh karena itu, tak lupa sekali lagi kami mengucapkan banyak terimakasih kepada PT Pertamina EP Region Jawa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *