Permasalahan Di Sekitar ITB

Categories Artikel, Kampus ITB

Oleh: Ali Haekal (12010093)

Mahasiswa ITB yang tinggal disekitar ITB bersinggungan sangat dekat dengan masyarakat sekitar kampus pula. Pudarnya budaya interaksi antara masyarakat dengan mahasiswa mulai terlihat akhir akhir ini. Menurut beberapa ketua RW yang ada disekitar kampus itb, mahasiswa itb dulu sangat dekat dengan masyarakat sekitar kampus pula. Namun hal ini kurang terlihat sekarang.

Mahasiswa sudah sepatutnya menjadi role model di masyarakat, untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem dari masing masing lembaga untuk tetap turut membantu permasalahan yang ada disekitar itb.

Salah satu permasalahan yang terlihat adalah hilangnya budaya interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa. Budaya yang baik ini cenderung memudar bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti tuntutan akademik yang makin berat, serta target lulus yang singkat. Oleh karena itu, mahasiswa cenderung lebih bisa berinteraksi jika ada sebuah acara atau fasilitas untuk berinteraksi dengan masyarakat pada momen momen tertentu sehingga kedekatan antara mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus tetap terjaga.

Selain itu terdapat permasalahan tentang sampah di sekitar sungai cikapundung. Saat pembagian hewan kurban, berbicara dengan salah satu pengumpul tempat sampah didekat sungai cikapundung belakang sabuga, terdapat beberapa permasalahan. salah satunya adalah masih banyak yang membuang sampah kesungai. Sungai ini dulunya sering dipakai sebagai tempat rekseasi, namun karena banyaknya sampah di sungai tersebut, tempat rekseasi ini mulai ditinggalkan.

Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi "GEA" ITB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *