DIES NATALIS ke-58 HMTG ‘GEA’ ITB

Categories Artikel, Kegiatan

LIPUTAN GEOHUMANISM

6 Mei 1955 adalah hari terbentuknya himpunan mahasiswa teknik geologi ITB dengan nama HMTG ‘GEA’ITB. Tidak terasa sudah 58 tahun bagi HMTG  ‘GEA’ ITB hadir sebagai salah satu himpunan di ITB yang terus aktif berinovasi dalam berbagai bentuk kegiatan kemahasiswaan. Untuk memperingati hari bersejarah kelahiran HMTG ‘GEA’ ITB ini, diadakanlah Rangkaian Acara DIES NATALIS ke- 58 HMTG ‘GEA’ ITB yang diketuai oleh Deniswara Nur Fadillah Putra (12011022).

Rangkaian acara DIES NATALIS  ini berlangsung selama satu minggu dimulai dari tanggal 29 April 2013 dan diakhiri pada tanggal 6 Mei 2013. Rangkaian acara DIES NATALIS HMTG ‘GEA’ ITB ini meliputi acara DIES CUP, GEA Berbagi, Malam Puncak, dan Devile.

Rangkaian Acara DIES NATALIS HMTG ‘GEA’ ITB dibuka dengan dimulainya DIES Cup pada tanggal 29 April 2013. DIES Cup merupakan salah satu dari rangkalain acara DIES NATALIS yaitu perlombaan yang dapat diikiti oleh anggota HMTG’GEA’ ITB secara beregu. Jenis perlombaan yang dipertandingkan adalah PES, Bola Sarung, dan Tarik Tambang.

Perlombaan PES dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 29-30 April 2013. Perlombaan PES diikuti oleh dua orang dalam satu tim, dengan sistem pertandingan sistem gugur.  Lokasi perlombaan adalah di saung GEA dan di depan himpunan HMTG ‘GEA’ ITB.  Sampai pada hari Selasa didapatkan empat tim yang masuk ke semifinal yang akan dilaksanakan pada hari Jumat (3/5). Empat tim tersebut adalah tim Galih-Nur, Akbar-Bari, Ayyid-Larry, dan Ari-Rehan.

Pada hari Rabu (1/5), dilaksanakan perlombaan bola sarung dengan peserta empat orang dalam satu tim. Dalam pertandingan bola sarung ini, satu sarung digunakan oleh dua orang secara bersamaan dan tim yang mencetak goal terbanyak dinyatakan sebagai pemenang. Perlombaan ini diikuti oleh 32 peserta yang tergabung dalam delapan tim. Pada malam itu didapatkan dua tim yang amaju ke pertandingan final pada hari Jumat. Tim yang berhasil maju ke pertandingan final adalah tim Pandu dan tim Nabil.

Hari berikutnya, Kamis 2 Mei 2013 merupakan hari dimana perlombaan tarik tambang dilaksanakan. Berbeda dengan dua perlombaan sebelumnya, perlombaan tarik tambang ini dapat diikuti oleh semua gender. Terbukti dengan ikut sertanya Diofanny dan Yudith dalam perlombaan ini. Sama seperti perlombaan bola sarung, peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan ini berjumlah 32 orang dan terbagi dalam delapan tim dengan sisitem gugur sebagai system pertandingan. Pada malam tersebut, dua tim berhaisl lolos dan maju ke pertandingan final yang akan diselenggarakan pada keesokan harinya. Kedua tim tersebut adalah Tim Ghany dan Tim Jeffry.

Penentuan juara DIES CUP dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2013. Perlombaan pertama yang dilaksanakan adalah semi final PES dan dilanjutkan penentuan juara PES. Dua tim PES yang berhasil mencapai babak final adalah Galih-Nur dan Akbar-Bari. Hasil akhir dari perlombaan PES ini adalah tim Akbar-Bari mampu mengalahkan juara bertahan Lomba PES tahun sebelumnya Galih-Nur.

Setelah mendapatkan juara PES, acara dilanjutakan dengan pertandingan final bola sarung. Lokas pertandingan di parkiran BSC-B. kedua tim yang mampu menembus babak final berkumpul dan mempersiapkan diri sebelum pertandingan. Pertandingan dimulai dengan waktu pertandingan 15 menit tiap babak, dengan sekali pertandingan terdiri dari dua babak. Hasil akhir pertandingan bola sarung ini dimenangkan oleh tim Nabil.

Babak final tarik tambang dilaksanakan di lokasi yang sama dengan babak final bola sarung. Penentuan juara adalah tim dengan tiga kali kemenangan dalam lima kali pertandingan. Hasil akhir untuk pertandingan ini adalah kemenangan di pihak tim Jeffry.

Selanjutnya pada hari Sabtu, 4 Mei 2013 rangkaian acara DIES NATALIS HMTG ‘GEA’ITB dilanjutkan dengan acara GEA Berbagi yaitu ucapan syukur DIES NATALIS yang dilakukan dengan membagikan makanan ke karyawan ITB, khususnya karyawan di kawasan Timur Jauh. Dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai sekitar Pukul 14.00, semua masakan telah selesai dimasak dan segera dibagikan kepada para pegawai di sekitar himpunan. Acara ini diikuti oleh lebih dari 30 anggota GEA yang berpartisipasi dalam acara syukuran ini.

Memasak untuk GEA Berbagi

Membagikan Makanan

Malam harinya, dilaksanakan adalah Malam Puncak DIES NATALIS. Acara ini diisi dengan sharing alumni mengenai perkembangan GEA dari masa ke masa dan diakhiri dengan harapan dari para alumni untuk GEA kedepannya. Pembicara yang bersedia hadir adalah Bapak Andang Bachtiar GEA ’78, Gaper GEA ’95, dan Bari GEA ’85. Selain para Alumni yang menghadiri acara Malam Puncak, beberapa dosen program studi Teknik Geologi juga terlihat hadir. Diantaranya adalah Pak Agus, Pak Nuki, dan Pak Chalid.

Sharing dengan para alumni

Penampilan Gebot

Malam Puncak dimulai dengan performance dari Band Arthur and Friend sebagai pembuka acara dilanjutkan dengan video DIES NATALIS. Selain performance dari Anthur and Friend, Malam puncak juga diisi oleh penampilan Tari Saman dari Gebot dan penampilan perdana dari GEAVoice. Setelah itu, pengumuman Juara DIES Cup dan pemberian hadiah kepada juara  dari tiap cabang perlombaan DIES Cup.

Acara Malam Puncak DIES NATALIS HMTG ‘GEA’ ITB, diakhiri dengan performance MUSANG sebagai tanda berakhirnya acara Malam Puncak. Ditengah acara melingar untuk mengakhiri seluruh acara pada hari itu, prosesi pelepasan balon dilaksanakan. Balon tersebut berisikan harapan-harapan anggota HMTG ‘GEA’ ITB untuk GEA di masa mendatang. Prosesi pelepasan balon harapan dipimpin oleh Ketua Himpunan Mohammad Jeffry Giranza dan Ketua DIES NATALIS Deniswara Nur Fadillah Putra.

Acara terakhir dari rangkaian acara DIES NATALIS HMTG ‘GEA’ ITB yang ke-58 adalah Devile. Devile dilaksanakan pada hari senin tanggal 7 Mei 2013 dimulai pukul 17.00 WIB dengan cuaca yang gerimis. Jalur Devile dimulai dari Himpunan menuju ke Perpustakaan Pusat, Sunken Court, gedung Astronomi, labtek Biru, GKU Barat, KMPN, MTM, gedung fisika, HMS, Aula Barat, Boulevard dan diakhiri di Indonesia Tenggelam.

Melingkar di Indonesia Tenggelam

Massa HMTG ‘GEA’ ITB melingkar di Indonesia Tenggelam dan dilanjutkan dengan Orasi oleh Ketua HMTG ‘GEA’ ITB. Prosesi terakhir adalah prosesi Push Up 58 kali sebagai simbolisasi perayaan ulang tahun HMTG ‘GEA’ ITB yang ke 58. Dengan berakhirnya Devile tersebut, berakhir pula semua rangkaian  DIES NATALIS HMTG ‘GEA’ ITB yang ke-58. Seluruh anggota dan Alumni HMTG ‘GEA’ ITB berharap agar seterusnya HMTG ’GEA’ ITB mampu memberikan karya-karya terbaik, khususnya dalam keilmuan geologi untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Untuk GEA yang lebih baik…..

1 , 2, 3 …… GEA

 

 

Oleh : Lucy Kartikasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *