GEA di Bulan Maret

Halo! Maafkan udah lama gak meng-update karena beberapa bulan terakhir websitenya domain ITB lagi down.

Setelah berganti kepengurusan, BPH baru mengadakan musyawarah kerja (muker). Muker dilaksanakan sekitar satu bulan dari tanggal 9 Februari sampai 9 Maret 2016. Muker dibagi dalam beberapa episode, selama periode muker dipaparkan program kerja, timeline, RAB, juga disahkannya BPH HMTG “GEA” ITB 2016/2017. Muker dilaksanakan di  basement gedung energi dan selasar TU prodi. Musyawarah kerja tersebut berjalan dengan lancar didukung antusiasme massa GEA.

Yang kedua ada kabar dari Pekan Ilmiah Tahunan Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (PIT PERHIMAGI). Pekan Ilmiah Tahunan ini dilaksanakan dari tanggal 7 – 13 Maret 2016. Rangkaian acara yang dilaksanakan selama 1 minggu adalah ekskursi ke Bayat, seminar di Universitas Pembangunan Nasional (UPN). Selain itu, dilaksanakan juga acara penanaman pohon di Merapi. Acara inti PIT PERHIMAGI adalah musyawarah nasional selama 3 hari yang membahas AD/ART, pemilihan sekjen dan ketua PERHIMAGI saat ini adalah Aldi Rangga dari UNPAD. Dua orang massa GEA juga menjadi pengurus PERHIMAGI periode 2016/2017 yaitu Jonathan Hadipratama (GEA’14) sebagai bendahara dan Achmad Nazar Abrory (GEA’14) bidang diskusi dan kajian.

Hari Sabtu. 12 Maret 2016 diisi dengan workshop beasiswa pukul 09.15 sampai jam 12.00, bertempat di R. Hilmi Panigoro dengan 8 orang narasumber Tim Psikologi UNPAD yang biasa disebut “hitamputih”.  Workshop ini bertujuan untuk memahami tentang tahap wawancara beasiswa karena cukup banyak mahasiswa yang belum memahami tahap tersebut. Materi workshop secara garis besar adalah penjelasan pengetahuan dasar dan hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika menghadapi wawancara secara teori. Simulasi LGD dan simulasi wawancara juga dilakukan dalam workshop ini.

Ada acara Ngopi Santai hari Kamis, 24 Maret 2016 nih di Ruang Hilmi Panigoro. Acara ini menghadirkan dua alumni yang bergerak di eksplorasi  mineral yaitu Teh Wulandari Mandradewi GEA’03 dan Mas Sapta L. Djanuismawan GEA’04 yang bergerak di bidang kewirausahaan. Minat  tinggi dari massa gea yang hadir membuat diskusi berjalan secara aktif dari dua arah. Banyak hal yang didiskusikan seperti cara membangun relasi dan usaha, peran geologist di dunia pertambangan, serta yang terpenting yaitu pengalaman dan saran – saran dari alumni yang hadir untuk massa GEA. Ditunggu di ngopi santai selanjutnya GEA.

Foto bersama selesai acara ngopi santai

Foto bersama selesai acara ngopi santai

Akhir bulan Maret dihiasi dengan kegiatan yang GEOS banget, ciri khas dari geologist, GEA MELAPANG. GEA Melapang tanggal 26 Maret 2016 bertempat di karst Citatah, Padalarang. Mencari singkapan pada suatu area menjadi fokus GEA Melapang bulan Maret. Tujuannya untuk membekali massa GEA dalam mencari dan menentukan singkapan pada area kerja nanti. Deskripsi singkapan yang diberikan menjadi pelengkap GEA Melapang dipenghujung bulan Maret.

Foto bersama acara IMPK

Foto bersama acara IMPK

 

Bulan Maret GEA diakhiri dengan Sharing Session keprofesian geologi. Bertempat di R.Hilmi Panigoro, Selasa 29 Maret 2016 dari jam 08.00 – 11.00. Narasumbernya 2 orang alumni GEA yang “Ngeri” yaitu Rizky Amanda (GEA’07) yang bekerja sebagai Exploration Geologist StatOil Norwegia) dan Merza Media Adeyofsi (GEA’07) Geologist Schlumberger Indonesia. Acara berjalan lancar dan hadirin begitu antusias.

Geologist Sharing Session

 

 

 

Leave a Reply