GEA di Bulan Juli dan Agustus

SUARA GEA terbit lagi! Dengan tema “Kekayaan Maritim Indonesia” kali ini SUARA GEA membawakan informasi menarik mengenai kekayaan alam Indonesia yang berada di dalam air serta potensi kelautan Indonesia. Apa kamu sudah tahu tentang gas hidrat, Legenda Pantai Selatan yang dapat dijelaskan lewat fenomena tsunami, serta perbukitan karst di Bali yang dapat dijadikan destinasi wisata? Baca informasi lebih lengkapnya serta cerita-cerita menarik lainnya di bit.ly/suaragea1501!

SUARA GEA vol. 1 ed. 2015

Wisuda ketiga tahun akademik 2014/2015 yang sebelumnya dilaksanakan bulan Juli, tahun ini dilaksanakan tanggal 1 Agustus 2015. Pada Wisuda Agustus 2015 ini HMTG “GEA” ITB melepas 12 orang wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari angkatan 2010 dan 2011. Rangkaian acara syukuran Wisuda Agustus 2015 dimulai pada tanggal 31 Juli 2015 dengan Acara Prodi yang dihadiri dosen, wisudawan, dan keluarga wisudawan yang dilaksanakan di R. Hilmi Panigoro pada pukul 13.00. Pada pukul 19.30 dilaksanakan Wisnite Wisuda Agustus 2015 yang dihadiri oleh wisudawan serta segenap massa GEA di Lapangan Parkir BSC-B. Acara ini dimeriahkan dengan performance oleh massa GEA dan Musang serta video-video yang dibuat massa GEA untuk wisudawan. Perayaan wisuda kali ini bertema GEA “The Explorer”. Tanggal 1 Agustus 2015 merupakan hari pelaksanaan Sidang Sarjana di Sabuga. Setelah sidang selesai, para wisudawan diarak oleh massa GEA dari Sabuga ke kampus. Acara dilanjutkan dengan prosesi penciuman bendera sebagai tanda lepasnya para wisudawan dari keanggotaan resmi HMTG “GEA” ITB. Rangkaian acara syukuran wisuda yang diketuai oleh M. Faishal Rachman (GL’13) berlangsung dengan lancar dan meriah.

Prosesi arak-arakan Wisuda Agustus 2015

Prosesi arak-arakan Wisuda Agustus 2015

_DSC9937

Wisudawan dan wisudawati GEA beserta Ketua Program Studi Teknik Geologi, Pak Budi Brahmantyo

Memasuki bulan Agustus, Departemen Hubungan Alumni mengadakan Kopi Sore pada hari Senin, 3 Agustus 2015. Bertempat di Ruang Hilmi Panigoro, Kopi Sore kali ini bertemakan “Sosialisasi IATMI dan Sharing Pengalaman Kerja di Timur Tengah” yang diisi oleh GEA Husni dari angkatan 1995.

kopsor

Berfoto bersama GEA Husni (’95) setelah sharing di acara Kopi Sore

Geohumanism datang lagi di tahun 2015 ini! Live-in Geohumanism 2015 diadakan pada tanggal 11-12 Agustus 2015. Geohumanism kali ini bertujuan untuk berusaha membenahi sistem sanitasi di Desa Tarumajaya supaya sampah warga tidak lagi dibuang ke Sungai Citarum. Maka dari itu, pada live-in ini dilakukan dua hal, yaitu membangun tempat sampah sementara untuk memisahkan sampah organik, sampah anorganik, dan sampah yang dapat dijual kembali serta melakukan survei air di beberapa aliran sungai untuk kemudian mengusulkan ke dinas kebersihan agar dapat diberi bak sampah yang nantinya akan secara rutin diambil. Cerita dan dokumentasi lengkapnya dapat dibaca di posting sebelumnya.

Setelah terpotong liburan semester, GEA Mengajar mulai dilakukan kembali pada tanggal 14 Agustus 2015. Akhirnya para GEA-GEA yang rindu mengajar adik-adik di Gunung Batu dapat kembali bertemu mereka dengan semangat di semester baru. Jangan lupa untuk ikut acara GEA Mengajar berikutnya ya!

FullSizeRender

Suasana GEA Mengajar di Gunung Batu

Akhirnya rangkaian acara GEA 6 DEKADE sampai ke puncaknya, yaitu Dies Night GEA 6 DEKADE. Pada acara ini, bukan hanya massa GEA yang ikut merayakan ulang tahun GEA yang ke-60, namun alumni GEA dari dekade-dekade sebelumnya pun turut diundang. Dies Night diramaikan oleh alumni GEA dari tahun 60-an hingga massa GEA sekarang. Salah satu mata acara dari Dies Night ini adalah sharing alumni dimana alumni dari berbagai dekade bercerita tentang pengalamannya sebagai GEA saat masih berkuliah di ITB. Acara yang bertempat di Aula Timur ITB ini berlangsung meriah dan lancar. Semoga semangat 60 tahun GEA bisa terus berlanjut dan GEA dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik!

Beberapa alumni GEA dalam sesi sharing alumni

Beberapa alumni GEA dalam sesi sharing alumni

Massa GEA dari berbagai dekade berfoto bersama di acara Dies Night GEA 6 Dekade

GEA dari berbagai dekade berfoto bersama di acara Dies Night GEA 6 Dekade

Pada tanggal 26 Agustus 2015, Departemen Non-Lapangan mengadakan workshop bertajuk “Serial Workshop Membuat Karya Tulis dan Mengubah Skripsi Menjadi Publikasi: Mengelola Sitasi / Referensi” bersama Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T., M.T.. Pada workshop yang diadakan di Ruang Hilmi Panigoro ini, massa GEA belajar mengelola sitasi dengan rapi dan mudah menggunakan aplikasi sehingga mempermudah proses pembuatan daftar pustaka dapat dilakukan dengan praktis. Selain itu, pada tanggal 27 Agustus 2015 juga diadakan pelatihan dasar-dasar software Arcgis oleh staf Departemen Non-Lapangan.

Suasana workshop bersama Pak Dasapta Erwin Irawan

Suasana workshop bersama Pak Dasapta Erwin Irawan

Departemen Beasiswa mengadakan “Sharing Beasiswa LPDP Bareng GEA” pada tanggal 27 Agustus 2015 di Ruang Hilmi Panigoro. Sharing ini diisi oleh 8 orang alumni GEA yang berkesempatan mendapatkan beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk melanjutkan studi ke universitas di Inggris. Para alumni GEA menjelaskan informasi beasiswa LPDP secara umum, persyaratan pendaftaran, tahap-tahap pendaftaran, serta tips menjalani proses seleksi dan wawancara hingga akhirnya lolos seleksi.

lpdp

Berfoto bersama setelah sharing beasiswa LPDP bersama alumni GEA

 

Leave a Reply