International Geology Student Festival

The 1st International Geology Student Festival atau IGSFi merupakan acara internasional berbasis keilmuan geologi yang diselenggarakan oleh HMTG “GEA” ITB pada tanggal 12 dan 24-28 November 2014. IGSFi merupakan suatu acara yang berakar dari inovasi mahasiswa-mahasiswi HMTG “GEA” ITB dalam mewujudkan suatu ajang festival perdana di dunia terkait keilmuan geologi. Festival ini mengundang mahasiswa-mahasiswi geologi dari berbagai latar belakang yang mencakup minat, universitas, dan negara. Dalam IGSFi terdapat empat mata acara utama yakni seminar, field trip, ekshibisi, dan kompetisi. Rangkaian acara IGSFi dibuka dengan seminar di kampus ITB pada tanggal 12 November, disusul dengan kompetisi bertema eksplorasi hidrokarbon, field trip ke situs geothermal Kamojang, hingga closing performances oleh musisi nasional yakni White Shoes and The Couples Company dan Yura.
IGSFi bertujuan untuk menjadi wadah silaturahmi antar civitas yang bergerak dalam keilmuan geologi dari berbagai minat, universitas, bangsa, dan negara; menjadi ajang pertukaran informasi terkait keilmuan dan keprofesian geologi, mewujudkan wahana pengenalan keilmuan geologi kepada masyarakat umum; dan menjadi ajang kompetisi keilmuan geologi antar mahasiswa-mahasiswi geologi dari berbagai latar belakang.
Rangkaian acara IGSFi telah dimulai pada tanggal 12 November 2014 yaitu acara pre-event berupa seminar. Ide mengenai seminar dalam rangkaian IGSFi ini berawal dari pentingnya pemahaman akan bidang geologi khususnya bagi para mahasiswa dan pandangan kedepannya terhadap potensi dan bahaya terhadap spesifik ilmu tersebut.
“Salah satu landasan dalam memilih tema seminar untuk rangkaian IGSFi adalah alternatif dalam eksplorasi. Hal ini dipilih karena eratnya keterkaitan geologi dalam pencaharian atau ekplorasi,” ujar Adiswara Ramadhan dari Teknik Geologi ITB sebagai Kepala Divisi Seminar. Kebuntuan serta hambatan konsep eksplorasi konvensional juga menjadi masalah yang erat kaitannya dengan permasalahan eksplorasi saat ini. Maka dari landasan di atas, tema yang dipilih untuk seminar adalah: “New Exploration Method for New Discoveries on Minerals, Petroleum and Geothermal.” Berdasarkan tema ini, pada seminar IGSFi dihadirkan empat pembicara dengan spesialisasi masing-masing yaitu Bapak R. Sukhyar selaku Dirjen Minerba Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bapak Ade Kadarusman selaku Geometalurgist Expert dari PT. Bahana Selaras Alam, Bapak Surono selaku Kepala Badan Geologi, dan Mr. Robert Hall selaku Guru Besar dari Royal Holloway University of London, United Kingdom yang membawakan topic Tectonic concept of petroleum discoveries in eastern Indonesia; Alternative exploration method of mineral deposit; dan Geothermal exploration challenge and opportunities. Secara umum, seminar IGSFi berjalan lancar dengan animo para peserta seminar yang selalu ramai pada setiap sesi seminar ini. Para peserta juga terlihat antusias dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada pembicara-pembicara yang ada dan terjadinya proses diskusi yang baik pada setiap sesi seminar antara pembicara dengan para peserta seminar. “Seminar IGSFi ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya masyarakat ahli dalam bidang eksplorasi tentang teknik-teknik eksplorasi sumber daya alam yang ada di Indonesia. Indonesia ini terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya, namun seperti kita ketahui bahwa potensi tersebut belum dimanfaatkan dengan optimal. Selain itu, dari seminar ini diharapkan para peserta seminar dapat menjadi pionir-pionir untuk menemukan cadangan-cadangan sumber daya alam baru khususnya pada daerah Indonesia Timur yang belum banyak dieksplorasi. Semoga Seminar IGSFi ini dapat memacu semangat rakyat Indonesia untuk terus menerus mencari sumber daya alam di Indonesia ini agar Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri dan dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki dengan optimal tanpa campur tangan negara asing,” ucap Widhiyaksa Saveedra dari Teknik Geologi ITB angkatan 2011 selaku Ketua Acara.

Leave a Reply